Strategi Analisis Pasar dengan Metoda Marketing Intelligence

Ad Blocker Detected

Saranglaba tidak mengizinkan pengguna Ad Blocker untuk melihat konten. Mohon dukung kami dengan cara mematikan Ad Blocker dan refresh kembali browser anda, terimakasih.

Strategi Analisis Pasar dengan Metoda Marketing Intelligence | Strategi analisis pasar dilakukan untuk memahami pasar yang mempunyai ciri selalu berupaya memberikan benefit yang terbaik bagi pelanggan. Dalam melakukan analisis pasar bisa digunakan metoda marketing intelligence. Marketing intelligence merupakan bagian dari aktivitas marketing untuk memahami kebutuhan pelanggan saat ini dan pada masa depan, serta memahami berbagai sisi yang mempengaruhi penjualan produk di pasar.

Marketing intelligence memungkinkan sebuah perusahaan bisa memiliki informasi pasar yang terstruktur, sehingga bisa melakukan prediksi-prediksi pasar pada masa sekarang dan akan datang, serta bisa membuat perubahan-perubahan di pasar untuk mempertahankan produk atau menyiasati berbagai kemungkinan persaingan.

Strategi Analisis Pasar dengan Metoda Marketing Intelligence

Perusahaan yang menjual produk di pasar dan mengabaikan marketing intelligence disinyalir akan mendapat kerugian besar karena bila gagal menentukan kebutuhan pelanggan baik kebutuhan saat ini maupun kebutuhan-kebutuhan di masa mendatang sebagai dampak adanya perubahan pasar, maka akan mengarah pada menghasilkan produk dan layanan yang tidak memuaskan pelanggan. Akibatnya akan ditinggalkan pelanggan yang tentu saja hal ini suatu kerugian bagi perusahaan.

Berikut ini beberapa analisis pasar menggunakan metoda marketing intelligence :

1. Analisis Pelanggan

Pertama menganalisis pelanggan dengan memahami permintaan pelanggan, produk apa saja yang bermanfaat dan dibutuhkan pelanggan pada saat ini dan masa yang akan datang.

2. Analis produk

Kedua menganalisis produk yang akan dipasarkan, mulai dari jenis dan spesifikasi produk, kelengkapan produk, dan perbedaan produk yang akan dipasarkan dengan produk yang dijual oleh pesaing.

3. Analisis segmentasi pemasaran

Selanjutnya menganalisis pada segmentasi pemasaran mana kegiatan pemasaran bisa dilaksanakan secara efektif dan efisien.

4. Analisis pertumbuhan dan penurunan industri

Lalu menganalisis lingkungan kompleks perindustrian dan siklus kehidupan industri yang memproduksi barang yang sejenis, dan bagaimana cara bersaing yang terjadi antar perusahaan dalam industry tersebut.

5. Analisis lingkungan kompetitif

Kelima menganalisis lingkungan pasar, dimana pasar yang berkembang dan menguntungkan, dan pasar mana yang stagnan (sulit berkembang) karena tekanan persaingan yang sangat berat.

6. Analisis pengembangan perusahaan

Slanjutnya menganalisis perusahaan, usaha-usaha apa saja yang harus dilakukan untuk mengembangkan perusahaan menjadi perusahaan yang kuat dan bisa memimpin persaingan di pasar?

7. Analisis posisi market

Ketujuh menganalisis posisi market, dari produsen hingga konsumen, pada rantai mana yang berposisi menguntungkan, apakah lebih menguntungkan masuk di pasar sebagai produsen?, atau sebagai distributor? atau bahkan sebagai pengecer?

Khusus pemain Growtopia, ikuti 800 World Lock Giveaway disini!http://saranglaba.com/cara-mengikuti-giveaway-growtopia-total-hadiah-800-world-lock/

Dapatkan notifikasi artikel terbaru
langsung di email-mu

Masukkan email anda dan dapatkan notifikasi update terbaru dari saranglaba untuk kamu.

Terimakasih telah ingin menerima notifikasi update terbaru dari saranglaba!

Terjadi kesalahan, coba lagi.