Kenali Enam Prinsip Marketing yang Efektif

Ad Blocker Detected

Saranglaba tidak mengizinkan pengguna Ad Blocker untuk melihat konten. Mohon dukung kami dengan cara mematikan Ad Blocker dan refresh kembali browser anda, terimakasih.

Prinsip Marketing

Kenali Enam Prinsip Marketing yang Efektif | Pilar kesuksesan bisnis sekaligus penghubung antara perusahaan atau pebisnis dengan pasar (para pelanggan) adalah marketing. Banyak perusahaan sukses berbisnis karena kehandalan marketing. Bila fungsi marketing tidak berjalan secara baik maka bisa mengakibatkan kelambatan dalam penjualan bahkan kerugian karena produk sulit terjual.

Tahapan Prinsip Marketing yang dapat anda lakukan:

1. Konsep

Langkah pertama dalam pengelolaan marketing adalah konsep yang jelas dalam pemasaran produk. Konsep marketing pada dasarnya berbeda dengan konsep penjualan, dimana penjualan berfokus pada menjual produk di pasar, sedangkan marketing lebih memokuskan nilai-nilai yang dikandung merk (brand) dan layanan yang prima sehingga hubungan antara pelaku bisnis dan perusahaan dengan pelanggan selalu terjaga.

Setelah hubungan dengan pelanggan berjalan baik barulah secara otomatis penjualan akan berjalan dengan lancar, namun tetap harus memperhatikan konsep-konsep segmentasi pasar, pendistribusian yang efektif, strategi prinsip marketing menghadapi pesaing serta program promosi yang menarik.

2. Tujuan

Dalam pengelolaan marketing selanjutnya pebisnis mesti menentukan tujuan yang jelas sehingga dalam pelaksanaannya selalu focus pada tujuan yang telah ditetapkan. Pada dasarnya tujuan marketing bisnis lebih dititikberatkan pada pemenuhan kebutuhan pelanggan dan adanya permintaan pasar, bukan semata-mata transaksi, karena kegiatan prinsip marketing berhubungan dengan periode jangka panjang bukan jangka pendek.

3. Target

Selanjutnya pelaku bisnis dan perusahaan membuat target-target prinsip marketing agar hasil-hasilnya dalam periode tertentu dapat diperhitungkan dan dapat dievaluasi untuk mencapai target yang lebih tepat sasaran. Dalam pengeloaan marketing biasanya pebisnis membuat target kebutuhan pasar, apakah produk yang bisa memenuhi kebutuhan pasar sehingga akan mendatangkan permintaan, bukan semata-mata mentarget pembeli.

4. Fokus

Setelah membuat konsep yang jelas disertai tujuan dan target sasaran yang tepat, pelaku bisnis mesti membuat fokus marketing. Fokus terbaik kegiatan marketing bisnis adalah merk atau brand yang dimunculkan dengan nilai-nilai yang istimewa serta mengedepankan layanan yang prima dari mulai pembuatan produk berkualitas, pendistribusian, promosi dan penjualan hingga layanan konsumen purna jual yang baik dan cepat. Dengan memokuskan kegiatan marketing pada merk maka pilar yang diunggulkan adalah nilai produk bukan harga, dan fokus pada layanan akan menjadi kontrol kepuasan pelanggan dan market share bukan semata-mata penjualan dan pengiriman.

5. Strategi

Selanjutnya pelaku bisnis atau perusahaan mesti menentukan strategi-strategi marketing untuk memimpin pasar dan memenangkan kompetisi. Strategi besar dalam marketing yang berorientasi pelanggan adalah mengelola bauran pemasaran (marketing mix) bukan mengerahkan tenaga penjualan besar-besaran dan promosi semata, walaupun strategi tersebut suatu saat bisa dibutuhkan. Oleh karena itu keterampilan para marketer yang harus diasah adalah keterampilan analitis yang dibuat oleh tim yang solid bukan keterampilan menjual dan komunikasi walaupun keterampilan tersebut harus ada.

6. Start

Akhirnya pebisnis harus menentukan start, kapan mulai berproduksi, mulai masuk pasar dan seterusnya. Uniknya dalam prinsip marketing start dimulai sebelum dan setelah produk ditawarkan bukan setelah ada produk.

Khusus pemain Growtopia, ikuti 800 World Lock Giveaway disini!http://saranglaba.com/cara-mengikuti-giveaway-growtopia-total-hadiah-800-world-lock/

Dapatkan notifikasi artikel terbaru
langsung di email-mu

Masukkan email anda dan dapatkan notifikasi update terbaru dari saranglaba untuk kamu.

Terimakasih telah ingin menerima notifikasi update terbaru dari saranglaba!

Terjadi kesalahan, coba lagi.