Kenali Tiga Keuntungan ‘Lifetime’ Pelanggan yang Loyal

Ad Blocker Detected

Saranglaba tidak mengizinkan pengguna Ad Blocker untuk melihat konten. Mohon dukung kami dengan cara mematikan Ad Blocker dan refresh kembali browser anda, terimakasih.

Kenali Tiga Keuntungan ‘Lifetime’ Pelanggan yang Loyal | Pelaku bisnis atau perusahaan akan cenderung kuat dan selalu bisa mempertahankan jumlah pelanggan sebagai pembeli tetap produknya ketika sudah berhasil membangun kemitraan dengan para pelanggan setianya.

Memang tidak sedikit perjuangan yang harus dilakukan untuk mencapai loyalitas pelanggan, namun bila pebisnis atau perusahaan berusaha mendapat pelanggan yang loyal maka kentungan besar dalam jangka panjang akan diraih.

Berikut ini beberapa keuntungan ketika pebisnis atau perusahaan berhasil mendapatkan pelanggan yang loyal:

1. Total keuntungan dari sepanjang daur hidup pelanggan

Keuntungan dari pembelian terus menerus atau pembelian berulang-ulang dari pelanggan setia. Repeat order yang rutin selain menghemat biaya marketing karena pelanggan sudah terikat dengan produk yang anda pasarkan yang bisa memuaskan kebutuhan mereka juga akan lebih menjamin kelangsungan produksi karena pasar atau pelanggan yang membeli secara rutin telah tersedia. Sudah sangat dikenal di dunia marketing bahwa biaya mencari pelanggan baru jauh lebih mahal dibanding biaya mempertahankan pelanggan yang sudah ada dan loyal. Secara umum setiap perusahaan kehilangan rata-rata 5%-10% pelanggan setiap tahun. Dengan loyalitas pelanggan yang sudah terbentuk akan mengurangi nilai kehilangan pelanggan per tahun. Ketika kondisi pelanggan selalu stabil tiap tahunnya, peluncuran produk baru atau program-program promo akan makin meningkatkan jumlah konsumen tahun demi tahun.

2. Total keuntungan seumur hidup dari jumlah seluruh pelanggan setia (Customer Equity)

Semakin banyak pelanggan setia yang selalu membeli produk anda dan tidak berpaling kepada produk pesaing, maka akan makin besar keuntungan seumur hidup yang Anda dapatkan. Untuk memaksimalkan customer equity ini dapat didorong dengan:

  • Membangun presepsi pelanggan terhadap produk anda sehingga pelanggan dapat membedakan produk anda dengan produk pesaing menyangkut harga, kenyamanan produk, kualitas dan kemudahan mendapatkan produk.
  • Loyalitas pelanggan terhadap merek produk (brand) anda yang mereka pilih secara subjektif. Pelanggan dapat membedakan produk anda dari produk pesaing berdasarkan tingkat emosional mereka. Boleh dibilang pelanggan sudah fanatik menggunakan merek produk anda dan tidak akan tergoda oleh pilihan-pilihan objektif lainnya yang dilancarkan para pesaing.

3. Menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan yang berdampak positif pada peningkatan customer equity

Seluruh konsumen yang merasa puas terhadap produk dan layanan anda akan menjadi partner bisnis setia anda. Anda bisa melibatkan mereka dalam berbagai kebijakan perusahaan baik kebijakan menyangkut penentuan penyesuaian harga, rencana pengembangan produk atau peluncuran produk baru sebagai varian tambahan untuk memimpin keunggulan kompetitif dengan para pesaing bisnis, dan distribusi yang tepat sehingga menjamin ketersediaan produk secara berkelanjutan.

Selain itu untuk lebih membangun interaksi dengan pelanggan anda bisa membuat program-program yang berhubungan dengan produk anda yang akan lebih menjalin hubungan dan ikatan yang kuat dengan pelanggan setia anda.

Khusus pemain Growtopia, ikuti 800 World Lock Giveaway disini!http://saranglaba.com/cara-mengikuti-giveaway-growtopia-total-hadiah-800-world-lock/

Dapatkan notifikasi artikel terbaru
langsung di email-mu

Masukkan email anda dan dapatkan notifikasi update terbaru dari saranglaba untuk kamu.

Terimakasih telah ingin menerima notifikasi update terbaru dari saranglaba!

Terjadi kesalahan, coba lagi.