Kenali Enam Orientasi Marketing

Ad Blocker Detected

Saranglaba tidak mengizinkan pengguna Ad Blocker untuk melihat konten. Mohon dukung kami dengan cara mematikan Ad Blocker dan refresh kembali browser anda, terimakasih.

Kenali Enam Orientasi Marketing | Sukses bisnis meraih keuntungan yang optimal bisa didapatkan melalui penjualan atau penyerapan produk yang dijual di pasar. Artinya ketika produk yang ditawarkan bisa diterima pelanggan sehingga pelanggan membeli produk dan membeli lagi, maka keuntungan bisnis akan makin besar.

Penyerapan produk di pasar secara optimal bisa diperoleh melalui aktivitas marketing yang tepat sasaran, artinya efektif dan efisien tidak bertele-tele atau menghabiskan anggaran besar yang tidak begitu perlu. Untuk mencapai efektivitas dan efisiensi kegiatan marketing, pelaku bisnis harus mengenali orientasi marketing yang akan di jalankan, karena dengan mengenali orientasi marketing pebisnis bisa mempersiapkan segala yang dibutuhkan dan mengkalkulasi anggaran secara lebih tepat sasaran sesuai orientasinya.

Berikut ini 6 orientasi marketing yang dilancarkan di pasar:

1. Produksi

Orientasi marketing yang pertama adalah memproduksi barang atau jasa, ataupun berbentuk kemampuan memproduksi barang yang dikerjakan melalui pesanan barang yang akan dijual lagi oleh pemesan. Dasar keuntungan orientasi produksi ini adalah kapasitas barang yang optimal dan efisiensi biaya produksi sehingga bisa dihasilkan barang yang sesuai pesanan dengan biaya terjangkau. Marketing orientasi produksi bertumpu pada produksi barang yang bagus dengan efisiensi sehingga bisa memperoleh keuntungan yang optimal.

2. Produk

Beberapa pelaku bisnis melakukan kegiatan marketing dengan orientasi produk, artinya pebisnis mendesain dan memproduksi suatu produk yang bagus dan dibutuhkan konsumen sehingga bisa diserap pasar. Dasar kekuatan yang akan menjadi keuntungan dalam orientasi produk adalah kualitas produk. Kualitas produk yang tinggi mengungguli pesaing akan bisa mengungguli pasar.

3. Penjualan

Beberapa pebisnis berorientasi marketing pada penjualan produk, baik produk yang diproduksi sendiri atau produk yang dibeli dari pihak lain maka yang dijadikan dasar keuntungannya adalah volume penjualan. Makin besar volume penjualan makin besar pula keuntungan yang diperoleh.

4. Marketing

Ada pebisnis yang bergerak dalam aktivitas marketing dengan orientasi murni marketing atau pemasaran, biasanya hal ini dilakukan agar memperoleh kepuasan dan loyalitas pelanggan. Perhatian utama orientasi marketing adalah pelanggan, dan dasar keuntungannya adalah kebutuhan dan keinginan pasar.

5. Relationship Marketing

Pelaku bisnis yang berorientasi lebih dari sekedar marketing tapi ingin menjalin relasi yang kuat dengan pelanggan akan lebih fokus pada kebutuhan dan keinginan pelanggan serta layaan yang prima. Dasar keuntungan orientasi ini berasal dari menumbuhkembangkan hubungan baik dengan pelanggan sehingga pelanggan puas dan loyal.

6. Brand Marketing

Ketika pelaku bisnis akan menancapkan bendera produk yang ternama dan menjual merk atau brand yang melambangkan kualitas, maka orientasi marketing yang dilakukan bertumpu pada nilai-nilai baik produk tersebut, baik dari segi bahan yang berkualitas, proses pengerjaan yang rapi, layanan purna jual dan lain sebagainya yang akan menyimpan kesan atau citra yang baik di hati para pelanggan karena dasar keuntungan orientasi ini adalah nilai merk.

Orientasi marketing tersebut bisa anda kembangkan sendiri sesuai dengan bisnis yang anda jalani. Karena pada dasarnya bisnis merupakan seni dalam berfikir mencari peluang, tetap semangat dan gapai laba maksimal!

Khusus pemain Growtopia, ikuti 800 World Lock Giveaway disini!http://saranglaba.com/cara-mengikuti-giveaway-growtopia-total-hadiah-800-world-lock/

Dapatkan notifikasi artikel terbaru
langsung di email-mu

Masukkan email anda dan dapatkan notifikasi update terbaru dari saranglaba untuk kamu.

Terimakasih telah ingin menerima notifikasi update terbaru dari saranglaba!

Terjadi kesalahan, coba lagi.