Cara Kreatif Mengelola Kerjasama Bisnis

Ad Blocker Detected

Saranglaba tidak mengizinkan pengguna Ad Blocker untuk melihat konten. Mohon dukung kami dengan cara mematikan Ad Blocker dan refresh kembali browser anda, terimakasih.

Cara Kreatif Mengelola Kerjasama Bisnis | Banyak orang sukses memulai dan menjalankan bisnis yang menguntungkan dengan mengadakan kerjasama atau beraliansi. Berbisnis dengan mengandalkan kekuatan kelompok atau aliansi ini bisa memberi manfaat yang cukup besar diantaranya modal bisa di bagi-bagi sehingga lebih ringan, masalah-masalah yang timbul atau ide-ide untuk pengembangan bisnis bisa lebih cepat dimunculkan karena masing-masing anggota aliansi ikut memikirkannya, sehingga bisa mengambil ide-ide yang cemerlang dan paling rasional untuk segera dijalankan sehingga penyelesaian masalah atau pengembangan bisnis berjalan dengan relatif cepat tidak bertele-tele.

Rahasia kesuksesan bisnis berbentuk aliansi atau kerjasama bisnis adalah menghasilkan kesepakatan antara berbagai pihak dengan win win solution. Masing-masing individu dari aliansi bisnis dengan senang hati menerima setiap poin yang disepakati, dari mulai kesepakatan awal pembentukan aliansi, metode yang akan dijalankan, kontribusi masing-masing anggota, sistem pengelolaan, sampai pembagian hasil. Bila semua anggota aliansi sepakat dan masing-masing merasa bahwa itu merupakan keputusan terbaik sebagai win win solution dan tidak ada yang dirugikan maka ini menjadi suatu indikator bahwa bisnis sudah bisa dijalankan dengan baik.

Kegagalan bisnis yang bersifat kerjasama bisnis biasanya berasal dari perselisihan diantara anggota aliansi. Bila dalam aliansi ada pertentangan atau perselisihan yang tidak segera dibereskan maka hal ini menjadi indikator adanya hambatan dalam pengembangan bisnis bahkan yang lebih parah bisa menimbulkan kehancuran. Pertentangan atau perselisihan dalam aliansi bisa berupa perbedaan metoda pengelolaan bisnis, atau pengaturan keuangan, dan masalah lainnya yang mungkin terjadi.

Penyebab perselisihan dalam suatu aliansi umumnya dipicu oleh kurangnya kesepahaman dan kesepakatan sebelumnya. Biasanya suatu aliansi bisnis yang dibentuk secara asal-asalan tanpa dibuat kesepakatan dalam pengelolaannya rawan dengan perselisihan atau pertentangan bahkan perpecahan dikemudian hari. Sudah bukan rahasia lagi bila salah satu pihak dari aliansi merasa ada ketidakadilan dalam pembagian hasil usaha misalnya maka bisa dipastikan aliansi itu akan mengalami perselisihan bila tidak segera ditangani.

Berikut ini cara kreatif untuk mengelola kerja sama dalam bisnis:

1. Definisikan sistem kerja sama anda

Jabarkan segala sesuatu mengenai kerjasama bisnis anda. Apa visi dan misinya, bergerak dibidang apa saja, dan penting untuk disepakati mengenai jangka waktu kerjasama kapan akan dimulai kalau memungkinkan buat definisi yang jelas bilakah aliansi akan berakhir.

2. Tiap orang dari anggota aliansi harus mempunyai kontribusi 

Bila dalam suatu aliansi ada pihak yang memberikan kontribusi yang besar untuk bisa berjalannya aliansi tersebut dan dipihak lain kontribusinya kecil karena misalnya terbatasnya kemampuan pihak tersebut, dikhawatirkan akan terjadi dominasi yang menyebabkan aliansi akan berjalan kurang selaras. Namun apabila seluruh pihak bisa sepakat mengenai perimbangan kontribusi yang diberikan baik kontribusi berupa ide, peralatan, metoda maupun manfaat lainnya maka aliansi bisa berjalan dengan stabil.

3. Susunlah sistem kerjasama anda dengan kelompok

Memang kreativitas muncul dan berjalan secara alami tanpa memerlukan pengaturan atau penjabaran sang ketat dan detail, namun karena aliansi terdiri dari beberapa pihak yang berbeda karakter maka sebaiknya sistem kerjasama pengelolaan maupun struktur kerja tersusun dengan rapi.

4. Segera membereskan masalah yang muncul

Salah satu indikator kestabilan aliansi adalah adanya penenganan yang cepat dalam memberaskan setiap masalah yang muncul. Apabila masalah dibiarkan bertumpuk akhirnya bisa berakibat fatal bagi keberlangsungan aliansi tersebut.

5. Adakan kerjasama secara tertulis

Poin terakhir yang harus diperhatikan untuk kelangsungan aliansi adalah seluruh aturan kerjasama harus disusun secara tertulis hitam di atas putih, sehingga setiap pihak dari aliansi mempunyai pegangan dalam hal pengelolaan dan penyelesaian masalah yang mungkin timbul.

Khusus pemain Growtopia, ikuti 800 World Lock Giveaway disini!http://saranglaba.com/cara-mengikuti-giveaway-growtopia-total-hadiah-800-world-lock/

Dapatkan notifikasi artikel terbaru
langsung di email-mu

Masukkan email anda dan dapatkan notifikasi update terbaru dari saranglaba untuk kamu.

Terimakasih telah ingin menerima notifikasi update terbaru dari saranglaba!

Terjadi kesalahan, coba lagi.