Cara Kerja Marketing Intelligence Kendalikan Perubahan Pasar

Ad Blocker Detected

Saranglaba tidak mengizinkan pengguna Ad Blocker untuk melihat konten. Mohon dukung kami dengan cara mematikan Ad Blocker dan refresh kembali browser anda, terimakasih.

Cara Kerja Marketing Intelligence Kendalikan Perubahan Pasar | Mengendalikan perubahan-perubahan yang terjadi di pasar bukanlah tugas yang mudah. Namun seorang atau satu tim marketing intelligence yang solid bisa mengendalikan perubahan pasar yang diarahkan untuk tujuan dan keuntungan perusahaan.

Inilah tahapan cara kerja marketing intelligence untuk kendalikan pasar adalah sebagai berikut:

1. Survei Lapang

Para marketer melakukan survei pemasaran dan cara yang terbaik adalah bertemu langsung dengan pelanggan untuk mengkomunikasikan produk serta layanan yang mereka butuhkan masa depan. Komunikasi ini sebaiknya dilakukan setiap tahun atau diagendakan menjadi kegiatan tahunan.

2. Wawancara

Dalam hal mencari standar pelayanan yang terbaik bagi pelanggan, bagian dalam perusahaan bagian pelayanan konsumen juga diturunkan ke lapangan untuk bertemu secara langsung dengan konsumen dan mengkomunikasikan jenis layanan yang diinginkan pelanggan. Kalau situasinya cukup sulit bisa dilakukan dengan menelepon pelanggan atau metoda angket.

3. Penelitian

Orang-orang yang bertugas dalam unit-unit bisnis juga diturunkan ke lapangan untuk melakukan penelitian di rumah tangga guna menghimpun data dan mengolahnya agar produk atau pelayanan yang diluncurkan unit bisnis perusahaan memenuhi kriteria kepuasan pelanggan.

4. Mengumpulan Data

Marketer dan berbagai bagian dari organisasi bisnis dengan dukungan data yang ada mengamati perubahan kebutuhan atau keinginan produk serta layanan pelanggan.

5. Meringkas Data

Menentukan kualitas penawaran produk dan pelayanan yang diberikan untuk kepuasan pelanggan. Hasil pengamatan terhadap para pelanggan bisa membantu proses ini.

6. Menyimpulkan Data

Data yang telah dihimpun harus secepatnya diolah dan hasil survei dibagikan kepada pihak-pihak yang secara langsung bisa mempengaruhi penjuan diantaranya; para pelanggan, distributor maupun para pengecer.

7. Sampaikan Ide Pada Tim

Pengumpulan dan pengolahan data atau informasi bisa didapat dari rekan-rekan bisnis atau para pengusaha lain melalui aktivitas informal seperti membicarakan perkembangan bisnis saat makan siang atau acara-acara lainnya.

8. Memantau Para Pesaing

Perusahaan menempatkan marketing intelligent pada bagian tersendiri khusus untuk memantau pergerakan pasar serta memantau para pesaing beserta strategi-strateginya dalam mempengaruhi pasar.

9. Deteksi Perubahan

Marketing intelligent juga mempunyai kinerja untuk mendeteksi perubahan-perubahan yang terjadi dalam pergerakan bisnis, baik perubahan yang mendasar (fundamental) seperti perubahan peraturan perundang-undangan dibidang perdagangan atau perubahan teknologi yang terus berkembang dengan pesat.

10. Buat Kesimpulan

Setelah mendeteksi perubahan-perubahan dalam dunia bisnis, marketing intelligence membuat analisis tentang dampak atau pengaruh perubahan tersebut bagi perusahaan dan terutama dampak bagi pelanggan mereka.

Itulah cara kerja Marketing Intelligence kendalikan perubahan pasar, Marketing Intelligence adalah profesi yang sangat penting untuk perusahaan dan sebagai faktor pengaruh kesuksesan sebuah perusahaan baik itu perusahaan skala menengah maupun ke atas.

Khusus pemain Growtopia, ikuti 800 World Lock Giveaway disini!http://saranglaba.com/cara-mengikuti-giveaway-growtopia-total-hadiah-800-world-lock/

Dapatkan notifikasi artikel terbaru
langsung di email-mu

Masukkan email anda dan dapatkan notifikasi update terbaru dari saranglaba untuk kamu.

Terimakasih telah ingin menerima notifikasi update terbaru dari saranglaba!

Terjadi kesalahan, coba lagi.