Enam Langkah Memulai Usaha Makanan Agar Bisa Sukses

Ad Blocker Detected

Saranglaba tidak mengizinkan pengguna Ad Blocker untuk melihat konten. Mohon dukung kami dengan cara mematikan Ad Blocker dan refresh kembali browser anda, terimakasih.

6 Langkah Memulai Usaha Makanan Agar Bisa Sukses | Makanan adalah salah satu kebutuhan pokok yang setiap harinya harus bisa dipenuhi. Dari hal inilah yang akhirnya selalu dimanfaatkan oleh banyak orang untuk mencoba memulai bisnis makanan. Meskipun makanan sangat dibutuhkan oleh semua orang, namun membuka bisnis makanan tidak semudah yang Sahabat Laba pikirkan, bahkan masih jarang para pengusaha makanan yang dapat menjulang kesuksesan dari usaha makanan yang mereka coba kembangkan. Jangan hanya berpikir makanan adalah kebutuhan saja, yang pasti akan dikejar oleh semua orang. Banyaknya orang yang mencoba membuka bisnis makanan menjadi salah satu tantangan yang amat nyata bagi anda yang juga tertarik untuk ikut memulai bisnis makanan. Namun tidak ada salahnya jika Sahabat Laba mencoba untuk membuka bisnis yang satu ini. Yang terpenting Sahabat Laba harus siap untuk menghadapi segala kemungkinan yang pahit yang bisa saja terjadi pada bisnis anda.

Perencanaan dalam memulai usaha juga harus benar-benar dipikirkan secara matang, karena ada banyak  kompetitor yang berada disekitar anda. Sehingga jika Sahabat Laba ingin membuka usaha makanan hanya karena ingin mengikuti keinginan tanpa tahu cara untuk menjalankannya, tanpa memiliki kemampuan yang sesuai dengan bidang tersebut maka jangan harap usaha yang akan kamu coba rintis dapat berhasil dan meraih kesuksesan. Sebaiknya jangan karena hanya memiliki keinginan yang kuat saja, sehingga anda memutuskan untuk berbisnis, namun anda harus benar-benar paham dan mengerti cara menjalankan dan mengembangkan sebuah usaha.

Dan untuk membantu Sahabat Laba dalam memulai usaha makanan agar bisa meraih kesuksesan, maka kami akan berikan sedikit bocoran mengenai langkah untuk membuka usaha makanan agar sukses, berikut ini.

Langkah Sukses Membuka Usaha Makanan.

  1. Memikirkan Modal Awal.

Sebelum membuka usaha makanan, hal terpenting yang harus Sahabat Laba pikirkan adalah modal awal untuk memulai usaha makanan ini. Apabila modal Sahabat Laba tergolong pas-pasan maka anda harus benar-benar pintar mengatur keuangan yang ada. Sahabat Laba harus rajin menghitung pengeluaran dan juga pendapatan yang diraih. Sahabat Laba harus disiplin dalam menyisihkan uang hasil dari keuntungan yang didapat. Hasil dari menyisihkan ini akan dijadikan sebagai modal cadangan atau modal tambahan nanti-nantinya. Sebab anda pasti tidak akan tahu laju dari usaha anda kelak, bisa saja ditengah jalan anda mengalami kerugian dan jika anda sudah mempunyai dana cadangan maka bisa digunakan untuk menutupi kerugian tersebut. Sehingga usaha Sahabat Laba dapat bertahan dan bisa selalu tertolong disaat sedang krisis.

  1. Pemilihan Lokasi.

Langkah selanjutnya untuk memulai usaha makanan adalah dengan memilih lokasi yang strategis dan banyak dilewati oleh banyak orang. Misalnya di pinggir jalan atau didekat tempat-tempat ramai yang akan membuat orang lewat melihat tempat makan yang anda kelola. Apabila Sahabat Laba hendak menyewa atau membeli tempat untuk usaha anda, cobalah untuk membeli dengan harga yang tidak terlalu tinggi. Sehingga akan meminimalis pengeluaran, jangan sampai dana atau modal yang Sahabat Laba miliki terkuras lebih dulu untuk pengeluaran menyewa tempat usaha. Jika ingin lebih berhemat lagi tanpa harus menyewa atau membeli tempat usaha, maka anda bisa mencoba membuat berbagai macam makanan kemudian titipkanlah produk makanan yang anda buat pada para pedagang. Pilihlah pedagang-pedagang yang memiliki usaha di tempat-tempat strategis misalnya di dekat sekolahan, di area kampus, di wilayah perkantoran dan dibeberapa tempat yang memiliki titik kerumunan banyak orang.

  1. Siapkan Menu Spesial.

Sahabat Laba juga harus menyiapkan menu andalan atau spesial ketika membuka sebuah bisnis makanan. Konsumen akan menyukai jenis makanan unik atau baru yang masih jarang dijumpai dilingkungan mereka. Pilihlah salah satu makanan yang mampu menyedot perhatian banyak orang, hindari membuat makanan yang sudah sangat banyak dijual dilingkungan sekitar tempat usaha anda. Karena hal ini akan membuat usaha makanan anda kurang mendapatkan peminat dari konsumen. Usahakan untuk membuat menu makanan yang unik, masih jarang dijual serta yang utama adalah soal rasanya.

  1. Memiliki Pemasok Bahan Baku.

Demi kelancaran usaha yang sedang Sahabat Laba rintis, maka ada juga perlu memiliki pemasok bahan baku, yang dapat mengirimkan bahan baku setiap harinya. Biasanya anda bisa mendapatkan harga yang lebih terjangkau dari para pemasok langganan. Bahkan saat anda mengalami kesulitan, para pemasok masih mau mencoba membantu dengan memasok bahan baku terlebih dahulu dan anda bisa membayarnya dengan cara kredit. Saling percaya akan membuat hubungan anda dan pemasok semakin bisa diajak untuk bernegoisasi.

  1. Memikirkan Karyawan.

Jika usaha makanan yang akan Sahabat Laba dirikan termasuk cukup besar, maka sebelumnya Sahabat Laba harus memikirkan tim sukses atau karyawan untuk membantu kelacaran bisnis anda. Masukan beberapa karyawan yang memiliki tugas masing-masing misalnya tukang masak, kasir, dan juga pelayan. Namun jika usaha Sahabat Laba masih tergolong sederhana dan kecil, selama anda masih bisa memikul semua beban sendiri maka tidak perlu memikirkan karyawan. Namun paling tidak Sahabat Laba juga harus memiliki satu orang untuk membantu pekerjaan anda.

  1. Memikirkan Target Pemasaran.

Sebelum membuka usaha makanan, maka langkah yang harus Sahabat Laba pikirkan adalah target pemasaran. Sebab hal ini adalah kunci utama dalam meraih kesuksesan suatu usaha. Produksilah jenis makanan yang memiliki banyak peminat, anda bisa melakukan survei pasar terlebih dahulu untuk menentukan jenis makanan apa yang akan anda jadiikan menu andalan dalam usaha anda. Karena percuma saja jika anda berusaha memproduksi makanan atau minuman namun sama sekali tidak mendapatkan peminat atau ketertarkan dari para konsumen

Selain itu langkah untuk memulai usaha makanan agar sukses yang dapat Sahabat Laba lakukan adalah dengan mencoba mempromosikannya, baik secara langsung dari mulut ke mulut atau bisa mencoba mempostingnya di media sosial anda.

Tags:
Khusus pemain Growtopia, ikuti 800 World Lock Giveaway disini!http://saranglaba.com/cara-mengikuti-giveaway-growtopia-total-hadiah-800-world-lock/

Dapatkan notifikasi artikel terbaru
langsung di email-mu

Masukkan email anda dan dapatkan notifikasi update terbaru dari saranglaba untuk kamu.

Terimakasih telah ingin menerima notifikasi update terbaru dari saranglaba!

Terjadi kesalahan, coba lagi.